Legenda Urutan Shio

Jaman Dahulu Kala , Kaisar Langit (Kaisar Surga di Cina cerita rakyat) yang akan memilih dua belas binatang untuk mewakili dua belas tahun kalender. Jadi ia mengundang semua hewan untuk berpartisipasi dalam perlombaan renang. Pertama 12 binatang untuk menyeberangi sungai akan muncul di kalender Zodiac Cina di urutan mereka menyelesaikan lomba.

Pada saat itu, Kucing dan Tikus adalah yang terbaik dari teman-teman mereka. Mereka berdampingan satu sama lain di mana pun mereka pergi. Mendengar berita lomba ini , dua teman ini menjadi sangat bersemangat, bagi mereka berdua ingin nama mereka didambakan pada kalender. Tapi segera kegembiraan mereka memudar, dan mereka mulai khawatir tentang keterampilan renang mereka yang sangat payah. Setelah berpikir beberapa saat, mereka memutuskan untuk meminta bantuan sapi . Tikus dan Kucing menjelaskan kepada Sapi masalah mereka dan bertanya apakah dia akan begitu baik untuk membiarkan mereka naik di punggung menjadi pemenang nantinya. Sapi, memiliki sifat baik hati, sepakat tanpa keraguan sedikit pun dan berjanji untuk membiarkan mereka duduk di punggungnya dalam perlombaan.

Senang dengan janji Sapi itu, Kucing memutuskan untuk istirahat tidur siang sehingga ia bisa berada pada titik terbaiknya nanti. Dia meminta temannya si Tikus: “Bisa tolong membangunkan saya ketika saatnya untuk lomba?”

Aku akan membangunkan Anda ketika saatnya tiba.” Tikus menjawab. Tapi si Tikus berpikir bahwa posisi di kalender itu nantinya seperti wortel menggantung di depan Tikus hanya satu kali tarikan untuk memilikinya,  dia mulai pikir untuk mengkhianati sahabatnya. Jadi, ketika waktunya tiba, ia pergi sendirian dan meninggalkan Kucing dalam keadaan tertidur.

 Dalam lomba, Sapi, sebagai perenang terbaik, segera mengambil memimpin diposisi terdepan. Tepat sebelum Sapi hendak mencapai Finis, Tikus licik melompat di kepala Sapi dan pada garis finis sekali meloncat dia mendahului Sapi untuk menyelesaikan perlombaan.

Kaisar Langit sangat senang dan mengatakan kepada Tikus bahwa tahun pertama Zodiac akan dinamai menurut namanya. Tentu saja, Sapi naif telah tertipu untuk tempat kedua dan tahun kedua zodiak itu bernama Sapi setelah Tikus.

Lalu harimau, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing dan babi selesai ras mereka berturut-turut dan menemukan posisi mereka di kalender.

Adapun Kucing yang payah, dia tidak terbangun sampai murai berceloteh hasil perlombaan di atas kepalanya. Ketika Kucing menemukan apa Tikus telah dilakukannya, dia marah besar. Keduanya menjadi musuh terburuk. Ini adalah alasan mengapa kucing tidak termasuk dalam salah satu dari dua belas binatang dan mereka senang mengejar tikus sampai akhir ayatnya.

 

About these ads

~ by Dian Maya on February 11, 2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: